Cara
Merawat Motor 4 Tak
KALAU motor sudah
mulai rewel, paling nyebelin! Padahal, biasanya kondisi itu terjadi
akibat kita juga yang kurang merawat motor. Untuk menangani motor
yang sering rewel ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat
penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti
setang seher, seher, dan ring seher, kruk as serta noken as atau
setang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah
berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang,
maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodik dan gunakan merek
oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
Cek Kondisi Aki
Jangan dibiarkan air
accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa
mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan air aki pada pagi
hari
Selain itu, jika
baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab
jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan
mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke
bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran
lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.
Oleh karena itu,
jika terjadi hal itu arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu
tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo,
kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan,
jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter, jangan dipaksakan
dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab, bisa
merusak gigi transmisi.
Periksa Rantai
dan Gir
Jangan biarkan
rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa
membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa
mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam
segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya
kan, kalau lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?
Periksa Kabel
Koil dan Busi
Perhatikan
keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika
sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada
kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan
busi karena busi sangat vital untuk kelancaran satu mesin kendaraan.
Perhatikan Selang
Bensin
Komponen lainnya
yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan
membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi
retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak
elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang
terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan
suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem
pembakaran.
Panaskan Mesin
Paling Lama 2 Menit
Panaskan mesin
sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit. Ini
supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang
bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan, karena akan membuat pipa
knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.
Periksa Tekanan
Angin Ban
Jangan terlalu keras
dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.
Gunakan Sparepart
Asli
Lebih baik mahal
sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli,
meski murah tapi daya tahan kurang. selamat merawat motor. Jika
langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan
Anda senantiasa tampil prima.
0 komentar:
Posting Komentar