Setelan
Angin Karburator
Rata-rata pada saat
kita service karburator di bengkel setelan
angin karburator (air screw)
dicari dengan patokan teriakan mesin tertinggi, bahkan di geber sampe
putaran gas FULL. …. Bisa ! masing-masing cara orang memang beda
menerapkannya tapi tujuannya sama adalah mencari settingan yang
pas.
Berikut adalah diagram panduan (secara teori) untuk setting air screw (IDLE) & PJ khususnya.
Berikut adalah diagram panduan (secara teori) untuk setting air screw (IDLE) & PJ khususnya.
Carburator Tuning
Keihin 1:
Terlihat pada hampir 1/2 putaran gas, setting AirScrew dan PJ tidak berfungsi lagi. Justru kita bisa lihat perpindahan antara PJ dan PJ di isi oleh clip position, tapi sayang Karburator yg kita pakai khususnya Keihin PE tidak ada setelan klipnya. Pada putaran gas 3/4 s/d Full hanya MJ berfungsi.
Carburator Tuning
Keihin 2:
Carburator Tuning Keihin 3 (Graham Bell):
A = most effective
B = fairly effective
C = small influence
D = no influence
Jika berpatokan pada diagram 1 s/d 3, air screw di setting pada saat IDLE (RPM 2000), dicari nafas tertinggi. Untuk memastikan settingan sudah pas atau belum lihatlah kondisi BUSI.Jika Merah bata berati passs & motorpun menghasilkan performa maksimal & IRIT !!!
Semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar