Senin, 28 Januari 2013

Setelan Angin Karburator

Setelan Angin Karburator
Rata-rata pada saat kita service karburator di bengkel setelan angin karburator (air screw) dicari dengan patokan teriakan mesin tertinggi, bahkan di geber sampe putaran gas FULL. …. Bisa ! masing-masing cara orang memang beda menerapkannya tapi tujuannya sama adalah mencari settingan yang pas.
Berikut adalah diagram panduan (secara teori) untuk setting air screw (IDLE) & PJ khususnya.
Carburator Tuning Keihin 1:


Terlihat pada hampir 1/2 putaran gas, setting AirScrew dan PJ tidak berfungsi lagi. Justru kita bisa lihat perpindahan antara PJ dan PJ di isi oleh clip position, tapi sayang Karburator yg kita pakai khususnya Keihin PE tidak ada setelan klipnya. Pada putaran gas 3/4 s/d Full hanya MJ berfungsi.
Carburator Tuning Keihin 2:

Carburator Tuning Keihin 3 (Graham Bell):

A = most effective
B = fairly effective
C = small influence
D = no influence
Jika berpatokan pada diagram 1 s/d 3, air screw di setting pada saat IDLE (RPM 2000), dicari nafas tertinggi. Untuk memastikan settingan sudah pas atau belum lihatlah kondisi BUSI.Jika Merah bata berati passs & motorpun menghasilkan performa maksimal & IRIT !!!
Semoga berma
nfaat.

0 komentar:

Posting Komentar