TIS DI ATAS CDI
Setingkat di atas CDI yaitu TIS (Transistor Ignition System). Kerjanya memanfaatkan transistor yang lebih advanced dibanding capacitor. TIS lebih unggul karena bisa dibuat simpel dan tidak ada imbas listrik yang besar di dalam CDI. Sehingga lebih aman dan tahan lama.
Setingkat di atas CDI yaitu TIS (Transistor Ignition System). Kerjanya memanfaatkan transistor yang lebih advanced dibanding capacitor. TIS lebih unggul karena bisa dibuat simpel dan tidak ada imbas listrik yang besar di dalam CDI. Sehingga lebih aman dan tahan lama.
TIS banyak dijumpai pada motor yang
baru nongol. Seperti di Suzuki Thunder 125 dan Kawasaki Ninja 250.
Yang baru membuat TIS racing yaitu produsen CDI XP untuk Thunder 125.
Juga pihak BRT sudah membuatnya TIS IMAX untuk Thundie 125 dan Ninja
250.
TIS IMAX BRT berbeda dengan sistem TIS
biasa. Karena TIS umumnya menggunakan sistem transistor biasa, sedang
BRT menggunakan sistem transistor hybrid. Keuntungannya lebih kuat
dan tahan panas.
Lebih penting lagi sistem hybrid
dilengkapi proteksi overload, yang akan memproteksi diri. Bila
terjadi korslet atau kelebihan beban. TIS system hybrid ini
diterapkan di banyak mobil mewah Eropa seperti BMW.
0 komentar:
Posting Komentar