Piston
Piston adalah
sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin
pembakaran dalam silinder hidrolik, pneumatik, dan
silinderpompa.
Tujuan piston
dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari
isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston
mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi
silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah
tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
Membuka-tutup jalur
aliran.
Kombinasi dari hal
di atas.
Dengan fungsi
tersebut, maka piston harus terpasang dengan rapat dalam silinder.
Satu atau beberapa ring (cincin) dipasang pada piston agar sangat
rapat dengan silinder. Pada silinder dengan temperatur kerja menengah
ke atas, bahan ring terbuat dari logam, disebut dengan ring piston
(piston
ring).
Sedangkan pada silinder dengan temperatur kerja rendah, umumnya bahan
ring terbuat dari karet, disebut dengan ring sil (seal
ring).
Piston pada mesin
juga dikenal dengan istilah torak adalah bagian (parts)
dari mesin pembakaran dalam yang berfungsi sebagai
penekan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran
pada ruang bakar. Piston terhubung ke poros engkol (crankshaft,)
melalui setang piston(connecting
rod).
Material piston umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan
tekanan, misal aluminium yang sudah dicampur bahan tertentu
(aluminium
alloy).
Ring piston memiliki
dua tipe, ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk
pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding
silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun
mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk
menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder.
Ring oli hanya ada pada mesin empat tak karena pelumasan mesin dua
tak menggunakan oli sampi
1 komentar:
facebook,com
Posting Komentar