Tips Merawat Ruang
Pembakaran Mesin Motor
Ruang pembakaran
(Combustion chamber) adalah bagian terpenting dalam sebuah mesin
berbahan bakar minyak. Bagaimana tidak, ruang pembakaran ini adalah
sebagai proses utama yang mengakibatkan adanya tenaga mekanis yang
menggerakan motor kita.
Ruang pembakaran akan
sangat kotor sekali bila perawatan kurang telaten. Kotoran dan kerak
di ruang pembakaran ini bisa dihasilkan dari Oli, Bahan Bakar, atau
kotoran yang masuk melalui knalpot (karat, kerikil, dll). “Tidak
ada pembakaran yang sempurna, ia pasti menghasilkan deposit kotoran
di ruang bakar” Kata Andre dari Dutamatic Bandung. Pada motor matic
yang rata-rata menggunakan RPM dan kompresi yang lebih tinggi dari
motor bebek, hal ini perlu untuk lebih diperhatikan, selain selalu
merawat motor ke bengkel resmi tentunya.
Akibatnya deposit atau kotoran di ruang bakar yaitu bisa mengurangi efisiensi dari pembakaran, atau yang lebih parah bisa membuat mesin “loss kompresi” karena kotoran menempel di bagian klep dan membuat kompresi hilang, gejalanya bila kick starter kita bejek sama sekali tidak ada beban. Yup, kotoran sekecil apapun yang menempel di klep membuat kompresi yang dibutuhkan untuk pembakaran menjadi hilang. Nah kalau sudah begini, tentu motor sulit atau bahkan tidak dapat dihidupkan. Kalau sudah parah, tentu mesin harus dibersihkan secara manual (turun mesin / overhoule) tentu biaya yang akan dikeluarkan tidak sedikit bukan?
Nah saya ada sedikit tips
untuk membersihkan ruang pembakaran ini. Sebaiknya Membersihkan ruang
pembakaran ini dilakukan secara rutin, misalnya setiap 10.000
kilometer. Apa yang kita butuhkan adalah sebuah “Combustion Chamber
Cleaner”.
Bentuknya dalam botol
kaleng, mirip dengan Carburator Cleaner, hanya saja ia memiliki
formula yang dikhususkan (jauh lebih keras dari Carburator Cleaner)
untuk meng-oksidasi kotoran dan membuangnya melalui knalpot.
Penggunaannya kurang
lebih sama dengan Carburator Cleaner;
Pertama, buka dahulu selang dari filter udara ke karburator, pada intake/sambungan karburator selang filter udara ini lah kita akan menyemprotkan Combustion Chamber Cleaner.
Pertama, buka dahulu selang dari filter udara ke karburator, pada intake/sambungan karburator selang filter udara ini lah kita akan menyemprotkan Combustion Chamber Cleaner.
Kedua, nyalakan motor,
kemudian tarik gas sampai RPM/Putaran tinggi Semprotkan Combustion
Chamber Cleaner kepada mulut karburator, usahakan motor jangan sampai
mati. Ulangi sekali lagi, kali ini sampai motor mati. Kemudian
biarkan selama 15 menit supaya Combustion Chamber Cleaner bekerja.
Ketiga, setelah 15 Menit,
nyalakan mesin, dan tahan pada rpm sedang. Pada fase ini, knalpot
akan mengeluarkan asap berwarna putih dan bau yang sangat menyengat.
hati-hati jangan dihirup. Biarkan putaran mesin pada rpm sedang ini
selama beberapa menit sampai bau dan asap putih yang keluar dari
knalpot menghilang dengan sendirinya.
Langkah seperti ini dapat
di ulang selama seminggu sekali, sampai botol “Combustion Chamber
Cleaner” habis (3-4 kali pemakaian). Nah, dengan langkah ini
deposit kotoran akan dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Saran
saya, gunakan Bahan bakar yang sesuai dengan motor anda, usahakan
menggunakan bahan bakan non-timbal, Ganti oli dan bersihkan filter
udara secara rutin.
1 komentar:
http://12321-blog.logdown.com/posts/2239156
Posting Komentar