Koil Racing VS
Koil Standar Bawaan Motor
Koil YZ 125 Favorit Speedgoers |
Tahu koil? Koil,
peranti yang berguna mempertinggi tegangan listrik. Pelipatgandaan
tegangan dihasilkan oleh kerja dari dua jenis kumparan di dalam koil.
Kumparan pertama disebut primer dan satunya skunder.
Sepintas dilihat kayak trafo. Tapi, yang kita tahu trafo itu bekerja pada arus bolak-balik atau AC (Alternating Current), di mana arus bolak-balik di lilitan primer akan membangkitkan tegangan di lilitan skunder dan menghasilkan arus yang lebih besar atau lebih kecil sesuai rasio lilitannya.
Terus? Pada sistem kelistrikan motor yang kebanyakan bekerja dengan sistem arus searah (DC/Direct Current). “Fungsinya untuk memperbesar tegangan listrik dari CDI yang kemudian diumpankan ke busi,” jelas Nasrudin Kamil, mekanik dari Ondol’s Selatan Motor (OSM).
Agar kinerja pembakaran lebih sempurna, tak sedikit motomania yang mengganti koil standar dengan produk aftermarket. Bahkan, koil bawaan motor sejenis special engine (SE) juga diaplikasikan. Namun, apa perlu tunggangan kita digantikan dengan peranti tersebut?
Sepintas dilihat kayak trafo. Tapi, yang kita tahu trafo itu bekerja pada arus bolak-balik atau AC (Alternating Current), di mana arus bolak-balik di lilitan primer akan membangkitkan tegangan di lilitan skunder dan menghasilkan arus yang lebih besar atau lebih kecil sesuai rasio lilitannya.
Terus? Pada sistem kelistrikan motor yang kebanyakan bekerja dengan sistem arus searah (DC/Direct Current). “Fungsinya untuk memperbesar tegangan listrik dari CDI yang kemudian diumpankan ke busi,” jelas Nasrudin Kamil, mekanik dari Ondol’s Selatan Motor (OSM).
Agar kinerja pembakaran lebih sempurna, tak sedikit motomania yang mengganti koil standar dengan produk aftermarket. Bahkan, koil bawaan motor sejenis special engine (SE) juga diaplikasikan. Namun, apa perlu tunggangan kita digantikan dengan peranti tersebut?
“Bisa saja, jika
dirasakan performa mesin kurang bertenaga. Karena pembakaran di ruang
bakar membutuhkan pengapian yang besar. Sehingga bensin yang terbakar
dapat diproses lebih sempurna dan efisien,” lanjut mantan mekanik
Suzuki ini.
Pilihannya beragam. Peranti yang aftermarket antara lain; CLD, Blue Thunder, High Performance, KTC, Andrion, R9 New. Sedang peranti bawaan motor lain; YZ125, RM125, KX250. Lalu untuk harga, dari Rp 90 ribu sampai jutaan (lihat tabel).
Pilihannya beragam. Peranti yang aftermarket antara lain; CLD, Blue Thunder, High Performance, KTC, Andrion, R9 New. Sedang peranti bawaan motor lain; YZ125, RM125, KX250. Lalu untuk harga, dari Rp 90 ribu sampai jutaan (lihat tabel).
Salah satu koil aftermarket, mereknya R9 New. Kumparan jadi satu dengan cop busi |
Kelebihan produk
aftermarket punya daya tarik masing-masing. Seperti koil CLD, Blue
Thunder, High Performance, KTC, dan Andrion, pemasangannya sangat
mudah. Uniknya pada merek R9 New, yang kumparannya menyatu cop kepala
busi dan langsung dipasang ke businya.
Bisa semua motor enggak? “Semua motor bisa, tapi usahakan cari koil yang dudukan koilnya pas dan tanpa harus mengubahnya atau memindahkan ke tempat lain,” saran bapak satu putra ini.
Nah, bagi yang ingin pasang, lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan mesin. Apabila kapasitas mesin sudah dibore-up, bisa untuk diganti, guna memperbesar di sektor pengapian tersebut. Tapi, kalo peranti orisinalnya masih bisa diandalkan, kenapa tidak.
Bisa semua motor enggak? “Semua motor bisa, tapi usahakan cari koil yang dudukan koilnya pas dan tanpa harus mengubahnya atau memindahkan ke tempat lain,” saran bapak satu putra ini.
Nah, bagi yang ingin pasang, lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan mesin. Apabila kapasitas mesin sudah dibore-up, bisa untuk diganti, guna memperbesar di sektor pengapian tersebut. Tapi, kalo peranti orisinalnya masih bisa diandalkan, kenapa tidak.
Table
harga
|
|
CLD
|
125
ribu
|
R9
New
|
600
ribu
|
KTC
|
90
ribu
|
Blue
Thunder
|
250
ribu
|
XP
Andrion Series
|
170
ribu
|
High
Performance
|
200
ribu
|
Nology
|
1.1
juta
|
YZ
125
|
500
ribu
|
RM
125
|
350
ribu
|
KX
250
|
1.8
juta
|
0 komentar:
Posting Komentar