CARA
SETTING KLEP YAMAHA VEGA R NEW
Indonesia
Drag - Tarikan motor sangat berpengaruh dengan setelan klepnya, jika
tepat akan didapat tarikan optimal begitu juga dengan pembakaran
bensinnya, jika tidak tentu akan mengalami masalah-masalah seperti
tarikan tersendat, akselerasi lambat dan top speed yang tidak
seharusnya. Sekarang mari kita stel klep motor kita sesuai standar
pabrik dari Yamaha, sekaligus sedikit perubahan agar tarikan lebih
dashyat.
Kunci-kunci
yang dibutuhkan:
- Kunci T ukuran 17
- Kunci Ring ukuran 8
- Kunci ukuran 24
- Tang
- Coin 500, ring baut besar untuk membuka baut gearbox
- Filler gauge
- Penahan mur klep
Pertama-tama
kita buka dulu dua buah baut plastik yang terletak disebelah kiri
girboks motor Vega R atau Jupiter Z. Yang kecil buka dengan koin 500
rupiah, yang besar buka dengan ring baut ukuran besar yang bisa
dibeli dibengkel-bengkel motor. Stelah terbuka siapkan kunci T ukuran
17.
Putar
baut yang ada didalam girboks berlawanan dengan putaran jarum jam,
rasakan torsinya ketika diputar. Tandanya adalah ada rasa berat,
setelah putaran ada rasa berat putar secara perlahan dan pastikan
tanda TOP pada lubang kecil yang tadi kita buka tepat pada posisinya,
jika kelewatan atau salah, putar lagi kearah berlawanan putaran jarum
jam, gunanya untuk memberikan ruang yang tepat bagi klep untuk
distel.
Setelah
itu jangan diutak-atik lagi biarkan pada posisinya, jangan memutar
ban belakang. Kemudian buka tutup klep dengan kunci 24 yang sudah
disediakan maka akan terlihat klep yang biasa diutak-atik oleh
mekanik dibengkel resmi. Kini kita akan mencoba menyetelnya sendiri.
Siapkan Filler gauge, kunci ring 8 dan penahan baut klep.
Kendorkan
dahulu baut klep dengan kunci ring 8 setelah itu masukkan filler
gauge ukuran 0,05 lalu putar baut klep dengan kuncinya hingga terasa
menekan filler, dan coba tarik-tarik filler, jangan sampai terlalu
kencang. Maka kita sudah dapatkan ukuran klep sebesar 0,05 tapi kita
akan menyetelnya dengan ukuran standar pabrik yaitu antara 0,07
hingga 0,09 yang biasa saya pakai adalah 0,08 Karena tidak ada ukuran
0,8 pada filler yang biasa dijual kita terpaksa melakukannya dengan
feeling saja. kendorkan sedikit setelan tadi. dan coba masukkan
filler ukuran 0,10 jika tidak dapat masuk maka insya Allah udah dapat
ukuran 0,08 atau 0,09 gunakan feeling anda untuk mengira-ngiranya dan
jika jika filler ukuran 0,05 terasa sedikit kendor dan yang ukuran
0,10 tidak dapat masuk. Maka hasilnya sudah didapatkan sebesar 0,07 -
0,09. Setelah itu kencangkan lagi dengan menahan baut klep dahulu
sambil mengencangkan mur ukuran 8 tersebut hinga mengunci dan coba
ulangi lagi, jika berubah ulangi lagi.
Untuk
klep keluar pastikan ukurannya lebih lebar 0,01 dari klep masuk.
saran saya jangan lebih dari 0,1 untuk mendapatkan suara yang tidak
berisik dan tarikan yang bagus. Serta tarikan atas yang tidak
terlambat, karena klep buang yang terlalu renggang dapat membuat
tarikan atas loyo. Lagian kalau terlalu lebar klep buangnya justru
akan membuat tarikan atas loyo namun akselerasi cepat.
Yang
terbaik setelan klep adalah 0,07-0,08 untuk klep masuk dan 0,08-0,09
untuk klep keluar.
Setelah
itu pasang lagi semuanya sesuai kondisi semula, pastikan semua
terpasang dengan kencang dan tepat. Kemudian sesuaikan setingan gas
karburator dengan setelan klep. Putar grip gas setengah atau
seperempat putaran kemudian putar setelan gas karburator dengan arah
berlawanan putaran jarum jam sebesar antara 1 - 2 putaran kekiri.
Setingan yang tepat akan didapatkan ketika suara motor terasa terus
naik ketika grip gas ditahan. pada ukuran tertentu. Caranya coba
putar kearah berlawanan jarum jam setelah putaran gas karburator
mentok dan gas motor hingga seperempat kemudian tahan, dan rasakan
hingga suara gas terus naik, kemudian jika terasa turun maka setingan
sudah didapat, tinggal putar sedikit kearah kanan pada lengkingan
suara yang paling tinggi tadi.
1 komentar:
yawmands bray
Posting Komentar